Senin, 08 Juli 2013

Galau ! Sudah Telat, Test Pack Kok Negatif?

Karena banyak yang GALAU karena merasa telat haid, tapi takut TP,
Maka mari kita berdiskusi.

"Apakah bunda benar-benar sudah telat haid?"


Saya termasuk produk "Galau Merasa Telat, TP Negatif" pada keguguran pertama hingga kehamilan kedua.

Selama itu, saya mendeteksi haid dengan menghitung, memakai aplikasi, atau kalkulator masa subur. Yang ada, saya tambah stres, karena stiap bulan selama 1 tahun itu, saya merasa telat trus. (kebayang kan berapa test pack yang dihabisin)

Setelah keguguran kedua, saya mulai melahap ilmu berkaitan dengan ini. Ternyata, rumus menghitung sama sekali tidak akurat untuk yang memiliki haid nggak teratur (walaupun jaraknya 1-2 hari saja). Apapun itu rumusnya, dalam hal memprediksi kapan dilakukannya test pack, dan kapan dikatakan telat haid.

Untuk bunda yang memiliki haid tidak konsisten, atau baru saja keguguran. Sebaiknya, coba ubah rumusnya, jangan mencari perkiraan haid, tapi cari, kapan ovulasi sebenernya terjadi (benar-benar terjadi, bukan perkiraan).

Caranya, bisa dengan dicatat, kapan ada lendir bening dan jumlahnya banyak, kapan suhu basal tubuh naik diatas rata-rata, kapan ovulation kit (alat pendeteksi masa subur) menunjukkan positif. Lalu tambahkan dengan 14 hari, maka itu adalah perkiraan bunda mengalami haid.

Banyak bunda-bunda (termasuk saya tempo dulu) merasa telat haid, padahal belum, atau malah ovulasi saja belum.

Selama saya mencari ovulasi sebenarnya tersebut, dalam satu tahun ini, saya mengalami kegalauan hanya 2 kali, yaitu saat saya salah membaca grafik.

Selebihnya nggak pernah merasakan galau karena KeGeeRan merasa telat. Padahal siklus saya terpendek 30 hari, terpanjang 40 hari. Bahkan, perkiraan haid hari pertama hampir selalu tepat.

So, masih mau jadi produk "Galau" lagi?

Kalau saya sih, enggak mau...


Tengok juga Mengetahui Masa Subur dengan Suhu Tubuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar