Minggu, 18 November 2012

Menurunkan Berat Badan

Menentukan Tujuan / Goal
  • Ketahui dimanakah Indeks Massa Tubuh Anda sekarang. klik http://dshd.org/clinical/weight-management
  • Ketahui berat badan ideal Anda; BMI antara 18,5 - 24, ideal 20
  • Ketahui riwayat penyakit (jika ada)
  • Motivasi sangatlah penting, mintalah dukungan dan pengertian dari orang-orang sekitar Anda.
  • Konsistensi dan keinginan yang tulus dari diri sendiri, sangatlah dibutuhkan dalam menjalani program ini. Mari bekerja keras.

Jaga Asupan Anda

  • Makanlah lebih sering, 5 - 7 kali sehari dalam porsi kecil. tips sederhana, pakailah piring yg lebih kecil dari biasanya.
  • Hindari makanan berlemak, terutama lemak trans/ jenuh (kulit pada daging, dan bagian lemak lain), karena kita ingin membuang lemak-lemak yang menumpuk di bawah kulit Anda.
  • Kurangi konsumsi garam, Garam mengikat air sehingga membuat proses rehidrasi menjadi kacau dan mengumpulkan air ke beberapa bagian tubuh anda sehingga anda kelihatan lebih tua dari usia anda.
  • Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana, karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti tawar, gula, dll adalah sumber energi tinggi karena langsung diubah menjadi glukosa, bila anda makan terlalu banyak makanan jenis ini, usaha anda akan sia-sia untuk menurunkan berat badan anda. Faktanya kita gendut adalah karena kelebihan karbohidrat sederhana (glukosa, sukrosa, dll yg berakhiran osa, keculai ribosa).
  • Makan Malam terakhir adalah 2 jam sebelum anda tidur. Pencernaan anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencerna makanan. Bila anda makan kurang dari waktu 2 jam sebelum tidur, maka makanan yang baru saja anda makan langsung di cadangkan, bukannya diubah menjadi energi.
  • Konsumsi Air Putih sebanyak mungkin, banyak literatur yg berusaha meyakinkan kita membutuhkan 8 gelas air dalam satu hari, sayangnya lambung kita hanya sebesar kepalan tangan (dan untungnya bisa melar), tidak didesain seperti unta yg dapat menyimpan cairan dalam jumlah banyak, solusi, minum sesering mungkin, jangan tunggu anda merasa haus. (tanda-tanda Anda harus minum air segera yaitu mulut kering, menguap, pingsan)
  • Hindari mengolah makanan dgn digoreng dan dibakar dgn arang. contoh minyak sawit mengandung lemak jenuh tinggi, hindari makanan berminyak, jika ngotot ingin digoreng, gunakan minyak zaitun. Dibakar dengan arang, membuat makanan matang secara kurang merata, dan bisa memicu sel kanker.
  • Tambahkan suplemen (jika Anda menginginkannya) Anda bisa menambahkan vitamin atau protein murni serta pembakar lemak untuk membantu kefektifan program Anda.

Melakukan Program Olahraga

Kardio dengan Perut Kosong (lari / jogging, renang, aerobik, bersepeda, dll)

Pastikan Anda melakukannya minimal 20 menit setiap hari dengan perut kosong, (15 menit pertama saat anda melakukannya, anda belum membakar lemak cadangan yg membuat anda bergelambir, baru setelah 15 menit, tubuh akan mengambil lemak cadangan tersebut sebagai energi); Jika Anda ingin menurunkan berat badan hanya dengan melakukan kardio, tambahkan 60 hingga 120 menit kardio Anda.


Latihan Beban / Fitness

Lakukan 3 - 5 kali dalam satu minggu dengan melatih kelompok otot secara acak. Kami menyarankan Anda melakukan angkat beban, selain membantu efek kardio untuk membakar lemak, melatih otot akan membantu Anda untuk menghindari menjadi gemuk kembali, serta anda akan mendapat bonus tubuh yg atletis dan seksi. Lakukan maksimal 60 menit, karena jika terlalu lama, Anda bisa membakar massa otot dan memperlama proses pemulihan.


Istirahatlah

Saat istirahat, cadangan energi akan digunakan oleh tubuh untuk membentuk protein menjadi otot. Pastikan anda melatih bagian otot tertentu dan mengistirahatkanya selama 2 hari kedepan sebelum melatihnya kembali. Lalu kapan saat yang tepat untuk istirahat? tidurah seperti biasa dan tambahkan juga tidur siang selama kurang lebih 30 menit saja.


Salam Sehat
Anita Intan Sari


Mari bergabung di facebook
Grup Fitness untuk Wanita : Fitness For Woman
Grup Fitness untuk Pria : Pusat Bugar

2 komentar: