Senin, 08 April 2013

Sudah Telat Haid, Test Pack Negatif, Kenapa?



Hayooo, siapa yang sudah ngalami seperti saya? angkat alis ! 
Yup, bener banget, saya baru saja mengalami hal ini bunda. Dan ini adalah moment paling "STRES" paling "GALAU" paling paling paling deh pokoknya.


Yuk kita tengok tentang ini dulu :
  • Jika bunda menghitung masa subur dan siklus, dengan metode menghitung hari / kalender, maka hal seperti ini sangat rentan dialami oleh bunda, apalagi bunda memiliki siklus yang tidak teratur. Sasaran Empuk untuk Galau.
  • Bunda-bunda yang mendeteksi masa subur dengan Pendeteksi Air Liur, dan OPK (Ovulation Predicted Kit), dapat mulai melakukan test pack 12 hari setelah alat tersebut menunjukkan positif puncak masa subur. yuhu... alat ini memang yang paling mendekati akurat, dan sangat pas digunakan untuk bunda yang memiliki haid nggak teratur. tinggal diingat-ingat, berapa panjang masa luteal (setelah ovulasi, sebelum haid). rata-rata masa luteal adalah 14 hari, jadi hari ke 15 setelah alat tersebut menunjukkan positif ovulasi, adalah perkiraan hari pertama haid bunda.
  • Metode Suhu Basal Tubuh (bahasa kerennya BBT). Nah, ini lumayan akurat (saya pakai ini soalnya). cuma tidak seakurat OPK. karena membutuhkan perjuangan keras untuk mempelajari dan mengerti grafik suhu basal tubuh. salah menganalisa, bisa salah hitung juga.

Nah, jika bunda mengalami hal yang sama dengan saya, ada 3 kemungkinan.
  • Emang belum telat alias ovulasi mundur. terutama untuk bunda yang menggunakan metode menghitung hari, kan nggak dapat kisi-kisi beneran di hari itu masa subur apa enggak. kalau untuk BBT, bisa jadi salah menganalisa grafik. 

saya dapat saran dari grup sebelah, biar nggak galau, test pack itu kalau udah 2 bulan nggak haid aja. waduh, mana tahan 2 bulan menahan gejolak dada untuk tidak mengecek? saya juga nggak bisa mengikuti saran ini.

  • Memang Hamil, tapi belum terdeteksi. terutama kalau kita buru-buru test pack. pernah, belum telat haid udah test pack? dan hasilnya negatif? dan nangis? padahal udah perasaan hamil kuat banget? tenang, dulu saya pernah juga. dan nangis juga.

  • Test packnya eror. Yup, cek tanggal kadaluwarsanya, apakah bunda menyimpan test pack di kulkas? atau didepan kompor? sebaiknya hindari, karena bisa menyebabkan test pack sakit dan tidak dapat bekerja dengan baik.
Dan yang saya alami adalah nomer 1, dan berharap juga nomer 2.

Saya salah menganalisa grafik, (sebenernya aplikasinya yang salah, wong dimasukkan satu lagi data suhu basal tubuh kok geser ovulasinya, ngeles...). Dan masih dengan senyum terkembang, menunggu kemungkinan kesempatan test pack kedua. (16 hari setelah ovulasi yang baru). Walaupun saya juga agak ngeri lihat siklus ini kemungkinan memanjang jadi 41 hari. dan sudah menyiapkan bekal untuk mulai program hamil ke dokter untuk siklus depan. Ayuuukkk... dilebarin senyumnya, biar stress jauh-jauh, dan kehamilan datang menghampiri.


Update : Btw, tenyata siklus saya jadi 39 hari, yowes lah, nggak apa-apa, nggak jauh beda dari 38 hari. ^_^

28 komentar:

  1. Dear bunda Anita

    Bunda,,skrg aku menglami kejadian ini bunda. sudah telat 10 hari bund,td pagi aku TP hasilnya negatif..bener2 galau tingkat dewa bun,,kecewa gt rasanya. ak mengalami riwayat haid yg tidak teratur,,tp 2 bulan ini sudah normal siklusnya 28 hari.
    apa aku periksa ke dokter ya bund? bener2 galu nih bun..hiks..

    salam: rianti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Ampun bunda ryantea_grEen
      Saya baru bisa bales.
      Ngitung haid menggunakan hitungan hari memang bikin galau tingkat kahyangan. Coba bulan berikutnya fokus ke mendeteksi kapan masa subur aja. trus tinggal ditambah 14 hari. Jadi deh, itu perkiraan telat haid

      Hapus
  2. Iya aku juga baru ngalaminnya bun, aku udah telat 5 hari, sebelumnya aku gak pernah telat haid nya, wajar dunk selama seminggu ini keGRan banget klo aku lg hamil, eee pas TP kemaren negatif huhuhu... Galau tingkat dewa deh sekarang. Apa aku harus ke dokter ya bwt mastiin apa ada masalah atw apa gitu??

    Risa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai bunda Risa, sorry ya baru bales, lamaaaaa nian blognya nggak ditengok.

      yup, coba bulan depan fokus ke mendeteksi ovulasi sebenernya aja, trus ditambah 14 hari. itu hari perkiraan haid. Memang kalau pakai ilmu hitung menghitung ini bikin puyeng bun.

      Hapus
  3. Kalau saya berbeda bun, hasil test peck sudah positif ( walau garis yang ke dua agak samar2 tapi dah kelihatan ) saya dan suami sudaj seneng bgt namun di waktu ke 18 hari saya Dapet haid yang banyak bgt apakah ini keguguran atau memang testpeck yang saya gunakan aalah yah...alhasil setiap lihat ibu hamil pimhin nangis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru membalas. Bisa jadi yang bunda alami adalah chemical pregnancy / hamil kimia, saya juga pernah mengalaminya bun. Tapi kasus ini tidak dihitung keguguran.

      Kalau saya, hari ke-14 pasca ovulasi, test pack positif samar, test pack berikutnya hari ke-17, positif semakin samar, hingga akhirnya terjadilah pendarahan seperti haid.

      Jadi, bunda sudah sempat hamil, dan embrio sempat menempel, tapi karena suatu hal embrio tersebut lepas dan luruh bersama menstruasi.

      Coba dikonsulkan dengan dokter SpOG. agar program hamil berikutnya lebih lancar

      Hapus
  4. Hmmm.. Salam bund. Aku sudah telat 9 hari. Tapi hasil test pect negatif.. Dan aku juga gak ngalami tanda2 kehamilan. Padahal siklus saya normal, 28 hari selama 4 bulan ini. Tp masuk bulan skg, malah gak jelas gini. Gak hamil, tp gak haid juga. Duhhh nyerii setress jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo relaks, stress juga bisa menganggu hormon bun.

      Nah, pertanyaannya, apakah bunda Copri mendeteksi kapan ovulasi dengan metode pasti / akurat. Jika ovulasi tidak diketahui dengan pasti, maka ada kemungkinan ovulasi mundur atau terlambat. Karena haid bari terjadi jika sekitar 14 hari sebelumnya ada ovulasi. Tidak ada ovulasi maka tidak ada haid bun

      Saya doakan semoga haid yang mangkir ini berlanjut langsung ke hamil ya. Aamiin

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  5. Salam bunda..
    Bunda..awalnya sy telat 3 minggu, sy tes hasilnya negatif. trus sy biarin sampai skrg sudah telat 6 minggu, tp td pagi sy test pack kok negatif lg ya...(sedih rasanya) padahal sudah berharap bngt buat hamil. Ini adalah telat haid yang paling lama yg pernah sy alami, biasanya sih telat haid cuman seminggu. Sy juga tidak merasakan mual seperti org hamil lainnya, hanya akhir2 ni punggung sy bagian bawah sering sakit (kata orang jawa "kemeng") dan perut juga makin membuncit (apa ni penyebab sy terlambat haid??). Anehnya lg sy tdak merasakan akan mendapat tamu merah, pdhl sy selalu bisa merasakan klo mau dpt haid seperti perut bagian bawah nyeri, payudara terasa mengeras. huhu..sy bingung nih. Apa sy harus segera USG atau nunggu telat 2 bulan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, pertama, yang harus bunda tahu, berarti sekarang hari ke berapa siklus?
      Cara ngitungnya, dari hari pertama haid sampai sekarang, kalau sudah masuk angka 90 hari, sebaiknya konsul ke dokter untuk dilihat apa sih yang bikin haid nggak dateng. Dan mungkin. mungkin lho ya, haidnya bisa dipancing

      Nah, kalau ternyata belum, coba cek, kemarin ovulasinya dideteksi nggak? menggunakan metode pasti misalnya suhu basal tubuh atau ovutest? Kalau nggak dideteksi, ada kemungkinan bunda belum mengalami ovulasi (sel telur matang).
      Tidak ada ovulasi, maka tidak ada haid bun. karena haid baru terjadi jika sekitar 14 hari sebelumnya ada sel telur yang matang. Daripada pusing, hehehe... mending buat "honeyday" aja terus dengan suami bun, siapa tahu ovulasi yang telat ini berlanjut ke hamil. Aamiin

      Hapus
  6. Salam kenal bun...
    bunda..aku berumur 23 tahun, udah 7 bulan nikah tapi baru 1 bulan promil nih... bulan november haid aku tgl 6 dan selesai tgl 11, siklus haid mmg tidak teratur sering mundur..tapi bulan desember dapet haid tgl 3 itu hanya flak coklat berlangsung 2 hari saja..setelah tgl 19 aku testpeck tapi hasilnya negativ, bun (sedih skalii...) soalnya aku udah dapet tandatanda hamil persaan sering mual dan demam,.. gimana tuh bun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dilihat dari siklus haid 6 Nov bagus bun, panjangnya 27 hari. Coba bunda pelajari dulu tentang bagaimana menghitung siklus, karena siklus yang teratur bukan berarti haid jatuh di tanggal yg sama, tetapi panjang siklusnya yang sama (dalam hari).

      tgl 3 Des bunda mengalami flek ya? kemungkinannya itu memang haid, atau darah implantasi embrio, atau memang ada luka kecil di miss V.

      Mual dan demam, bukanlah tanda pasti haid bun, bisa jadi juga psikosomatis karena bunda sangat menginginkan kehamilan. Yang relaks aja ya.

      Maaf telat balesnya, semoga saja, memang sudah positif hamil ya bunda. Aamiin

      Hapus
  7. Haiii bunda....
    slm knl ia... aq nita umur aq 23thn aq menikah udh setahun tp ci dede blm jg datang segala cara udh di lakuin smpe pas bulan oktober aq promil bun.. sempet mens tp ngeflek doang cm 3hari itu jg. Aq pikir mu men x ia nah aq tunggu2 smpe tgl 3 november tp trnyata aq ga mens jg buah dada aq udh mulai trsara sakit trz gejala2 hamil mulai terasa hmmm aq bnr2 senang pas aq ngerasa prbedaan dunk pd diri aq nah aq tespek tp mlh negatif trz tiap minggu aq tespek trz hasilnya ttp negatif ya allah sedih bgt smpe tgl 3 desember ga mens jg ttp ja aq tespek negatif agrrrr sedih bgt neh tgl 10 januari aq mu usg semoga ja aq hamil ia bun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga bunda nita. Maaf ya baru bales.

      Biasanya untuk pasangan yang berhubungan min 6 bulan s.d. 1 tahun, tanpa kontrasepsi dan belum juga hamil. direkomendasikan untuk memeriksakan diri ke dokter.
      Nanti bisa dicek bun, ada apa sih yang bikin si dedek enggan dateng,
      biasanya test yang direkomendasikan adalah analisa sperma (suami), dan HSG untuk bunda.

      Semoga lekas hamil ya bunda. Seamangat !!!

      Hapus
  8. Hai bun, kurg lbh 5bln aq belum dpt haid jg. Aq cb TP hslnya negatif, aq pke kb pil, tp skrg aq hentiin ΰϑªђ 3mnggu gak pke pil. Itu knp Ÿªąº° bun aq gak haid jg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sudah lebih dari 90 hari berarti ya bun,

      sebaiknya bunda segera periksa ke dokter bun, untuk mengetahui penyebab belum haid.
      Penggunaan pil KB, melibatkan hormon bun, jadi biasanya membutuhkan waktu loading agar hormon kembali stabil, kira-kira 6 bulan.

      Semoga lekas hamil ya. Aamiin

      Hapus
  9. salam kenal bund...
    duh rasanya gmn ya??galau, kacau, mau ngapa2in jg bingung,...aq udh telat mens 2bln, tp pas di test pack drmh lha kok negatif...sering pipis sich, hoek2 jg(tp g sering2 amat)...maunya jg konsul k dokter, tp mpe skrg lum pnya wktu yg pas nich. prnah nyoba test pack hasilnya strip satu, yg satu samar-samar. penasaran, seminggu berikutnya TP lg, tp dgn merek yg beda hasilnya malah strip satu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm... saya pernah mengalami seperti yang bunda alami, waktu itu diagnosa dokter adalah hamil kimia, atau hampir hamil. Sudah ada pembuahan tapi janin gagal implantasi, jadinya luruh seperti haid biasa, walaupun test pack sempat menunjukkan positif.

      Biasanya kalau tidak ada haid 90 hari, dokter akan melakukan pemeriksaan bun.

      Semoga lekas hamil ya bunda.

      Hapus
  10. Ass..bun
    Bun aku uda ada pertanda kehamilan mual mual.sakit pinggang.panas.tpi pas aku TP hasilnya negatif..emng sih aku blm telat bun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mual sakit pinggang panas, adalah gejala mungkin hamil bunda.

      Coba ditunggu testpacknya setelah telat 3 hari. Mudah-mudahan positif ya.

      Hapus
  11. Malammm...
    Ini saya sedang galau juga makanya browsing...
    Haid ga datang tapi di tp masih negatif, kondisi lagi sakit batuk pilek, bingung mau minum obat. Telat baru 5hari.sebaiknya bagaimana yah bun.
    Biadanya janin kedeteksi itu setelah brp hari telat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya tes pack mulai menunjukkan positif mulai 12 hari setelah ovulasi bunda. Nah, normalnya sih begitu.

      Ayo di cek lagi, kapan ovulasinya, bisa jadi mundur. Semoga hamil ya bunda. Aamiin.

      Hapus
  12. assalamualaikum bunda ,

    bunda , saya sudah telat 10 hari , harus ny tgl 8 maret saya haid , tapi sampai hari ini belum haid juga, beberapa hari setelah telat saya test tapi negatif ,, padahal udh seneng bgt karna dikira hamil ...
    nah , memasuki hari ke 10 ini apa saya harus testpack lagi ??

    BalasHapus
  13. ass bunda ,
    oh ya bunda saya tlat haid 2 minggu tpi (payudara, pinggang sama perut) saya sakit ya kaya mau haid gitu jadi kapan ya bun kira" saya haid ????

    mohon bnatuannya bun please :'(

    BalasHapus
  14. Ass bunda. Saya agak kebingungan menghitung siklus haid saya. Terakhir saya haid itu tgl 24 feb. Dibulan maret ini saya belum haid bunda. Saya sudah coba TP tp hasilnya negativ saya galau bgt bun. Kira kira saya harus gmna ya bunda ? Bantu saya ya bun. Trimakasih

    BalasHapus
  15. Assallamuallaikum bunda..
    Saya udh telad hampir sebulan, terakhir haid 5 feb, sampe skr gk dtg2 haidnya, perut kadang suka kram kyk mau jaid dan tulang ekor kadang suka pegel.
    Oiya, selama ini siklus haid ku lumayan panjang/mudur 5 sampe 10 hr-an, td udh 3x tp hasilnya negatif trs :'(huhuhu.
    Soalnya udh harap2 bgt.. tp sampr skr msh feeling hamil soalnya pengalaman kk waktu hamil anak ke 2nya udh 2 bln tp negatif trs pas usg trans v ehh hamil... Bissmillah yaa
    Kira2 normal gk yahh aq bund :s

    BalasHapus
  16. Bun sy baru2 menikah belum faham bagaimana menghitung ovulasi spt yg d sebutkan d atas. Bs bantu sy kah share disini bgmn menghitung ovulasi. Sy biasanya haid sll telat 2 hari (mis haid tgl 15 molor jd 17) nah skrg sy sdh telat 2 hari. Berharap hamil tp bingung jg. Mohon bantu pencerahan ya bunda dan mohon doa smoga sy positif hamil. Aminnn

    BalasHapus